BERITA HPT 2019

PEMBERDAYAAN PEJABAT GEREJA DAN PRAKTIK PELAYANAN JEMAAT

 

Salah satu kontribusi STT GKE sebagai lembaga pendidikan tinggi ialah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu bentuk pengabdian tersebut yaitu melakukan pemberdayaan pejabat gereja dan praktik pelayanan Jemaat. Kegiatan ini menolong pejabat gereja dalam menyusun program kerja agar tidak sekedar copy paste atau pengulangan, melainkan benar-benar disusun berdasarkan studi-evaluatif secara mendalam dan melibatkan warga jemaat dalam proses penyusunan serta pelaksanaan program kerja. Artinya, warga jemaat mesti dilibatkan dalam totalitas pelayanan mulai dari menemukan masalah, mengkaji masalah, menemukan solusi dalam menjawab masalah, dan merealisasikan solusi tersebut pada tataran praktik. Dengan kata lain, kegiatan diarahkan kepada pelatihan menyusun program kerja jemaat atau Resort secara partisipatif. Artinya penyusunan program kerja mesti melibatkan semua anggota jemaat agar anggota Jemaat merasa program tersebut benar-benar menjadi milik mereka, sehingga mereka bisa terlibat aktif dalam melaksanakan program tersebut. Pada saat yang sama, program kerja jemaat atau Resort juga mesti disusun dengan tahapan kerja yang jelas. Jadi bukan asal dibuat, bukan asal ada, melainkan benar-benar disusun untuk menjawab masalah pelayanan di jemaat atau resort tersebut. Sebab pada dirinya, program kerja disusun untuk menjawab masalah. Oleh karena itu, Majelis Jemaat dan Warga Jemaat harus mengetahui apa masalah yang dihadapi dalam jemaat atau Resort tersebut. Pertanyaan itulah yang perlu dijawab melalui kegiatan perencanaan partisipatif yang dimulai dari pemetaan konteks, dilanjutkan dengan mengkaji konteks melalui analisis kerentatan, analisis pohon masalah dan analisis sosial. Analisis dilakukan untuk  menemukan akar masalah, sehingga pada akhirnya dirumuskan solusi melalui kajian alternative solusi, solusi prioritas dan berakhir pada penyusunan program kerja Jemaat atau Resort.

Kegiatan pemberdayaan pejabat gereja tahun ini berkenaan dengan hari pendidikan teologi GKE tahun 2019. Kegiatan dilaksanakan di 10 Resort/Jemaat dan 1 lembaga pendidikan yakni Yayasan pendidikan GKE Banjarmasin. Di Wilayah Kalimantan Barat, kegiatan dilaksanakan di dua Resort yakni di Resort GKE Monterado, Resort GKE Melawi. Di wilayah Kalimantan Tengah, kegiatan dilaksanakan di Jemaat Sei Jaya Resort GKE Mengkatip, Resort GKE Mantangai, Resort GKE Belantikan Raya, Resort GKE Tumbang Manggu, Calon Resort GKE Kapuas Seberang, Resort GKE Timpah. Sementara itu, di wilayah Kalimantan Selatan, kegiatan dilaksanakan di Jemaat Simpang Empat Batu Licin Resort Kalimantan Tenggara, Yayasan Pendidikan GKE Banjarmasin. Kegiatan berakhir di Jemaat GKE DKI Jakarta pada bulan oktober 2019.

1. Resort GKE Monterado

Kegiatan di Resort GKE Monterado-Kalimantan Barat pada tanggal 23-25 Juli 2019. Dari STT GKE, hadir Pdt. Alexandra Binti, M.Th.,Pdt.Kinurung Maleh, D.Th. dan pdt. Sanon, M.Th. dihadiri oleh 35 orang peserta (melebihi target maksimal 30 orang). Dalam sambutannya, Pdt. Veronika Yunita, S.Th. sebagai Ketua Resort GKE Monterado mengharapkan agar pelatihan perencanaan partisipatif dan Praktik pelayanan Jemaat tersebut dapat menolong peserta dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Termasuk mampu mengelola keuangan gereja secara professional, menyusun dan menyampaikan khotbah, serta manajemen Ibadah kreatif.

2. Jemaat GKE Simpang Empat Batulicin

Lokakarya Perencanaan Pelayanan parsipatif yang dilaksanakan oleh STT GKE dan Jemaat GKE Gloria Simpang Empat Batu Licin pada Hari Sabtu, Tanggal 27 Juli 2019. Pdt. Enta Malasinta, D.Th sedang mengamati dan membaca salah satu kerja kelompok yang menggambarkan kontek dengan menggunakan Diagram Venn. Diagram Venn merupakan salah satu dari lima alat yang digunakan untuk memahami kontek Pelayanan Jemaat GKE Gloria Simpang Empat Batu Licin.

 

3. Resort GKE Melawi

Kegiatan serupa dilaksanakan di Resort GKE Melawi. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama STT GKE dan resort GKE Melawi. Dihadiri oleh 43 Orang dari 6 Jemaat definitip dan 4 pos PI di wilayah Resort Melawi. Pdt. Wono, S.Th. selaku Ketua Resort dalam sambutannya menghimbau agar peserta mengikuti kegiatan dengan serius. Tujuannya bukan sekedar mendapatkan sertifikat melainkan memperoleh pengetahuan baru dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Demikian juga Pdt. Kinurung Maleh, D.Th. dalam sambutannya dan Pdt. Alexandra Binti, M.Th. Dalam khotbahnya menekankan pentingnya peran serta anggota Jemaat dalam pelayanan gereja, ttermasuk terlibat aktif dalam penyusunan program kerja jemaat, sehingga program kerja yang dihasilkan benar-benar program milik bersama dan mampu menjawab kebutuhan anggota jemaat.

 

4. YAPENDIK GKE Banjarmasin

Sabtu, 27 Juli 2019, STT GKE bersama Yayasan Pendidikan Kristen GKE Banjarmasin, mengadakan pelatihan menyusun program pola PRA (Partisipatory Rural Appraisal), model baru menyusun program kerja yang kontekstual, menjawab kebutuhan, tantangan dan pergumulan dengan melibatkan semua unsur sekolah (Bottom up, bukan Top down). Fasilitator dari STT GKE: Pbrt. Dr.Tulus Tu’u M.Pd; Pdt. Dr.Retni Mulyani; Pdt. Happy S.Undas, M.Th; Pdt. Maria A.Angela, MSi. Peserta: masing-masing 5 orang dari SDK, SMPK, SMAK; 4 orang dari Yayasan. Semoga kigiatan ini memberi inspirasi bagi kemajuan.