Program Magister

Berbagai perubahan dan perkembangan di berbagai bidang yang terjadi di tengah-tengah kehidupan masyarakat Indonesia pada umumnya, dan masyarakat di Kalimantan pada khususnya, menjadi tantangan yang terhadapnya Gereja-gereja perlu memberikan perhatian secara serius dan sungguh-sungguh. Khusus bagi Gereja Kalimantan Evangelis (GKE), berbagai perubahan dan perkembangan tersebut menuntut dirinya untuk terus berbenah diri agar mampu turut serta bersama-sama Gereja-gereja dan umat dari agama lain mewujudkan damai sejahtera Allah di Indonesia, khususnya di Kalimantan. 

Dalam upaya tersebut, GKE melalui lembaga pendidikan yang dimilikinya, khususnya Sekolah Tinggi Teologi Gereja Kalimantan Evangelis (STT GKE), menyiapkan sumber daya para pekerja Gereja agar mampu menyiapkan warga jemaatnya sehingga mampu berparti-sipasi dalam seluruh proses kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Indonesia. Untuk maksud tersebut, pada Sinode Umum XXI tahun 2005 di Balikpapan, GKE menugas-kan STT GKE untuk meningkatkan jenjang pendidikan yang dikelolanya dengan membuka Program Strata 2 atau Magister Teologi (M.Th.) Program Studi (Prodi) Teologi.  

STT GKE, pada sisi lain, juga melihat potensi yang besar untuk meningkatkan intelektualitas para Alumni dan Pendeta GKE di lapangan serta gereja-gereja mitra di Kalimantan.  Mereka perlu difasilitasi untuk lebih mampu meningkatkan pelayanan, termasuk kemungkinan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan politik di daerah seiring perkembangan di era otonomi daerah pada masa kini. Demikian pula perkembangan penyelenggaraan pendidikan tinggi, baik umum maupun teologi di Kalimantan saat ini, menuntut STT GKE menjadi salah satu wadah yang bertanggung jawab menyiapkan tenaga pengajar yang memadai untuk penyelenggaraan pendidikan agama di sekolah-sekolah atau beberapa perguruan tinggi tersebut. Saat ini di Kalimantan telah hadir sejumlah Sekolah Tinggi, Akademi dan Universitas termasuk beberapa Sekolah Tinggi Teologi untuk aras Sarjana (S1), yang memerlukan tenaga pengajar yang memiliki kualifikasi minimal Magister (S2). Urgensi dibukanya Program Magister menadapat dukungan Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Kalimantan Selatan melalui Pembimas Kristen (Protestan) sesuai Rekomendasi nomor Kw.17.7/PP.00.11/1789/2005 tertanggal 15 September 2005.

Memperhatikan sejumlah latar belakang dan untuk memenuhi harapan tersebutlah STT GKE membuka Program Magister membuka Program Studi Teologi (Kependetaan).  

 

JATI DIRI PROGRAM MAGISTER 

PROGRAM STUDI TEOLOGI

 

Program Magister (S2)
Program Studi Teologi (Kependetaan)
Perguruan Tinggi Sekolah Tinggi Teologi Gereja Kalimantan Evangelis (STT GKE
Status Perguruan Tinggi Swasta
Alamat Jl. Jend. Sudirman no 4 Banjarmasin 70114

Kalimantan Selatan

Telepon/Faxmail (0511) 3360334
Website / Email sttgke@ac.id./ sttgke@sttgke.ac.id atau sttgke@yahoo.com
Dasar Pendirian (1)       SK Dirjen Bimas Kristen (Protestan) No. DJ.III/  Kep/IIK.005/14/160/2004 tentang Pemberian Status DIAKUI Program Stratum Satu (S1) Jurusan Pendidikan Agama Kristen dan Program Stratum Satu  (S1) Jurusan Teologi STT GKE.

(2)       Rekomandasi Majelis Sinode GKE No. 376/BPH-MSGKE/U.I/5/2006 tgl. 9 Mei 2006 perihal Menugaskan & Merekomendasikan Sekolah Tinggi   Teologi Gereja Kalimantan Evangelis untuk membuka dan menyelenggarakan Program Studi tingkat Strata 2 (Magister Teologi – M.Th).

 

Mengacu latar belakang diselenggarakannya Program Magister Prodi Teologi/Kependetaan STT GKE di atas, diperlukan landasan hukum dan kerangka acuan kerja yaitu:

  1. Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999, Bab III pasal 4 yang menjelaskan bahwa Pendidikan Tinggi terdiri dari pendidikan akademik dan pendidikan professional. Pendidikan akademik mengutamakan peningkatan dan wawasan ilmu pengetahuan.
  2. Pendidkan akademik yang terkait dengan gelar terdiri dari program sarjana, dan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999, Bab III pasal 5 menjelaskan bahwa : Program Pascasarjana, meliputi Program Magister dan Program Doktor.
  3. SK Menteri Agama RI Nomor 187 tahun 1997 tentang penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Teologi/Kependetaan dan jurusan Pendidikan Agama Kristen serta Ujian Negara  yang disempurnakan dengan SK Menteri Agama RI Nomor 534 tahun 2001.
  4. SK Menteri Mendikbud Nomor 232/U/2000 Bab II Pasal 3 ayat (3) menjelaskan bahwa Program Magister diarahkan pada hasil lulusan yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
    1. Mempunyai kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian dengan cara menguasai dan memahami, pendekatan metode, kaidah ilmiah disertai keterampilan penerapannya.
    2. Mempunyai kemampuan memecahkan permasalahan di bidang keahliannya melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah
    3. Mempunyai kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya yang ditunjukan dengan ketajaman analisis permasalahan, keserbacukupan tinjauan, perpaduan pemecahan masalah atau profesi yang serupa.
  5. SK Menteri Pendidikan Nasional Nomor 004/U/2002 Tentang Akreditasi Program Studi pada Perguruan Tinggi.

STT GKE merupakan bagian yang integral dari berbagai kegiatan pembangunan, baik nasional maupun regional, yang menjadi penghubung antara dunia ilmu pengetahuan, khususnya Teologi, dengan kebutuhan masyarakat. STT GKE melaksanakan pendidikan berdasarkan pola pemikiran yang analitis dan berorientasi pada pemecahan masalah yang futuristik.

STT GKE dalam menyeleggarakan pendidikan Program Magister (S2) Program Studi Teologi bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkualifikasi:

  1. Memiliki iman yang teguh, wawasan ilmu teologi dan kemampuan melayani yang handal, kreatif, inovatif dan konstruktif, dan memiliki wawasan oikumenis dalam menjawab tantangan zaman yang makin kompleks. Pada saat yang sama, memiliki komitmen dan peka terhadap masalah-masalah kemanusiaan dan lingkungan hidup.
  2. Mampu menghasilkan karya teologi yang kontekstual yang berguna bagi pelayanan gereja dengan berbagai persoalan nyata masa kini. Pada saat yang sama, mampu menjadi dosen dan tenaga pengajar yang memenuhi kualifikasi di bidangnya dalam membantu memperlengkapi warga jemaat menghadapi dan mengatasi berbagai persoalan nyata masa kini.

Program Magister Prodi Teologi/Kependetaan STT GKE didirikan berpedoman pada Alkitab yang dilaksanakan berlandaskan motivasi dan dedikasi, yang diilhami oleh Injil dan panggilan untuk melayani sesama yang terus berkembang berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, peraturan penyelenggaraan pendidikan tinggi, dan SK Yayasan Pendidikan Barnstein (seblumnya bernama Yayasan Pendidikan Teologi GKE) dan Majelis Sinode GKE tentang operasional pendidikan di STT GKE  yang dalam gerak pelaksanaannya mengacu pada visi dan misi STT GKE.

Tahun 2002, STT GKE membuka program Magister Divinitas yang menerima mahasiswa dari S1 Umum dari D3 Teologi. Pada tahun 2003 program M.Div dan Program S1 telah mendapat akreditasi dari ATESEA (The Association for Theological Education in South East Asia). Tahun 2004 program Magister Divinitas telah meluluskan angkatan pertama sebanyak 6 orang dengan gelar M.Div. Mulai tahun akademik 2005/2006-2007/2008 program M.Div menggunakan system perkuliahan baik regular maupun off campus bagi lulusan D3 Teologi. Sedangkan mahasiswa yang berasal dari S1 Umum dikhususkan untuk mengikuti kuliah regular. 

Sejak tahun 2006, STT GKE membuka Program Pascasarjana Stratum Dua (S2- M.Th) mengacu Rekomendasi Majelis Sinode GKE No. 376/BPH-MSGKE/U.I/5/2006 dan Ijin Penyelenggaraan dari Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Departemen Agama RI No. DJ.III/Kep/HK.00.5/249/4335/2006. Selanjutnya, memperhatikan UU Pendidikan Nasional dan Ketentuan dari Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Departemen Agama RI, maka sejak tahun akademik 2008/2009 program Magister Divinitas ditempatkan (setara) pada jenjang Pascasarjana Stratum Dua (S2 – M.Th). 

 

VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN

PROGRAM MAGISTER, PROGRAM STUDI TEOLOGI

VISI 

Program Magister,
Program Studi Teologi 

Pusat pendidikan teologi kontekstual yang mampu memecahkan masalah secara metodologis, logis, kritis dan sistematis berbasis penelitian terkait berbagai perubahan sosial, lingkungan hidup dan kebudayaan di Kalimantan.

MISI 

Program Magister,
Program Studi Teologi 

  1. Mengembangkan pengajaran teologi kontekstual berbasis penelitian
  2. Mengembangkan budaya akademik yang kritis, mandiri, jujur, bertanggungjawab dan berintegritas berdasarkan nilai-nilai kristiani.
  3. Menyebarluaskan produk kajian ilmiah melalui publikasi
  4. Mengembangkan budaya pengabdian masyarakat sebagai gaya hidup komunitas ilmiah
  5. Membangun jaringan kerjasama dengan lembaga mitra dalam menghasilkan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat berkualitas.

TUJUAN

Program Magister,
Program Studi Teologi 

  1. Menghasilkan akademisi dan pekerja sosial gerejawi ahli dalam pengajaran, pembinaan dan pelayanan gereja;
  2. Menghasilkan lulusan yang ahli dalam penelitian kontekstual dan menyebarluaskan produk gagasannya kepada masyarakat;
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengambil keputusan signifikan dan relevan dalam mengatasi masalah pada konteksnya berlandaskan prinsip menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

SASARAN

Program Magister,
Program Studi Teologi 

Para dosen, guru, pelayan dan pemimpin gereja, serta pekerja sosial yang unggul secara akademik, berhasrat mendedikasikan gagasan dan karyanya dalam mewujudkan masyarakat sejahtera secara afektif dan psikomotorik serta berintegritas.