Program Sarjana

Program Sarjana

Program Sarjana mengelola satu program studi Teologi Kependetaan dengan gelar akademik “Sarjana Teologi” (S.Th). Program tersebut telah terakreditasi BAN-PT, sehingga ijazahnya Negara.

Secara khusus Program S1 Teologi Kependetaan dimaksudkan untuk membina calon-calon tenaga pelayan di gereja. Oleh karena itu, proses belajar-mengajar diharapkan berlangsung dalam suasana dan semangat pembentukan watak kepelayanan gereja umumnya dan kependetaan pada khususnya. Berikut visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi (Prodi) Teologi Kependetaan.

 

  1. Visi

Prodi Teologi Kependetaan STT GKE menjadi pusat pengembangan teologi ekumenis dan kontekstual di Kalimantan dan menjadi wadah pendidikan tenaga kependetaan yang berkualitas.

 

2. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu dalam bidang teologi.
  2. Menyelenggarakan penelitian teologi dan sosial dalam konteks Kalimantan.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bidang sosial, ekologi, ekonomi, budaya, politik dan penatalayanan kegerejaan.
  4. Mempersiapkan calon pendeta yang berkualitas.
  5. Melakukan pembinaan perilaku cendikia, kepribadian yang otentik dan kedewasaan spiritual.

 

3. Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana teologi dan tenaga pelayan gereja yang cerdas, kreatif, proaktif dan dewasa secara spiritual.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian ilmiah terhadap kondisi dan kebutuhan-kebutuhan jemaat.
  3. Menghasilkan figur-figur pemimpin gerejawi yang mandiri, setia melayani dan memiliki pengetahuan yang aplikatif.
  4. Sasaran

 

Sasaran Prodi Teologi Kependetaan adalah tenaga-tenaga Pelayan Gereja yang memiliki integritas, kompetensi dan dedikasi.

 

Kurikulum

Kurikulum Sekolah Tinggi Teologi Gereja Kalimantan Evangelis (STT GKE) berbasis kompetensi yang disusun atas dasar Kurikulum Nasional (KURNAS) Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen. Sedangkan muatan lokal disusun dengan memperhatikan visi dan misi  Prodi Teologi Kependetaan STT GKE jenjang Strata Satu. Sebaran kurikulum dibagi ke dalam 5 rumpun mata kuliah yakni Kelompok Mata Kuliah Pembentukan Kepribadian (MPK), Kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK), Kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), Kelompok Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) dan kelompok Mata Kuliah Berkehidupan Bersama (MBB).

 

Beban Studi dan lama studi

Pendidikan diselenggarakan dengan sistem satuan kredit semester. Ada 195 SKS wajib dan pilihan yang ditawarkan di STT GKE Prodi Teologi S1. Mahasiswa wajib memperoleh minimal 147 SKS yang dapat ditempuh dalam waktu 4-7 tahun. Dalam satu Tahun akademik terdiri atas dua semester yakni semester Ganjil (Agustus-Desember) dan semester genap (Januari-Mei). Itu berarti mahasiswa wajib mengikuti studi di STT GKE selama 8-14 semester. Prodi Teologi S1 menawarkan 9 konsentrasi/pilihan minat/jurusan yang akan menjadi fokus studinya dalam penulisan skripsi. Kesembilan konsentrasi tersebut adalah Biblika (PL dan PB), Historika, Etika, Agama dan Masyarakat, Misiologi, Dogmatika, Pendidikan Agama Kristen (PAK), Pastoral dan Islamologi.

 

Sistem perkuliahan 

Perkuliahan menggunakan sistem reguler. Mahasiswa wajib mengikuti tatap muka dari hari senin-jumat setiap minggu. Setiap mata kuliah wajib mengikuti tatap muka minimal 80% kehadirannya. Jika tidak mencapai 80%, maka yang bersangkutan tidak diizinkan mengikuti ujian akhir semester untuk mata kuliah tersebut.

Selain tatap muka, juga ada tugas mandiri baik berupa laporan Bacaan, membuat makalah mandiri maupun melakukan penelitian. Mahasiswa juga wajib melakukan Praktek pengenalan Lapangan, Praktek Khotbah dan Praktek Penggembalaan. Praktek pengenalan Lapangan (PPL) dilakukan sebanyak dua kali selama studi di STT GKE yakni PPL 1 pada akhir semester 4 dan dan PPL 2 pada akhir semester 6.